Cara Mudah Tingkatkan Performa Laptop Windows
PC

Cara Mudah Tingkatkan Performa Laptop Windows

Sering merasa laptop kamu agak lemot alias melambat performanya? Bahkan sering hang saat ingin membuka aplikasi?

Cara Mudah Tingkatkan Performa Laptop Windows – Apakah kamu sering merasa laptop kamu lemot atau kinerjanya lambat? Apakah kamu bahkan sering hang saat ingin membuka aplikasi?

Selain mengisi memori penyimpanan akibat tumpukan dokumen dan file, ada beberapa masalah lain yang memperlambat kinerja laptop.

Jangan khawatir, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja laptop berbasis Microsoft Windows 10. Ada beberapa cara lain untuk memulai dengan menonaktifkan program saat startup. Jika laptop kamu sering terasa lemot, coba cara berikut ini:

Bersihkan memori penyimpanan (hard disk)

Ini adalah hal pertama yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Tidak hanya memeriksa file besar yang jarang dibuka, tetapi juga membersihkan file sampah.

 

Caranya sangat sederhana dan kamu bisa menggunakan fitur Disk Cleanup di menu Start.

Kemudian kamu akan disajikan dengan opsi pembersihan hard drive di mana kamu dapat menghapusnya (Hapus File). Jika kamu melakukannya secara rutin, ruang penyimpanan pada media penyimpanan kamu akan terasa lebih lega.

Menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan

Ini juga merupakan cara mudah untuk mengosongkan memori penyimpanan laptop kamu. Apalagi jika kamu sering menginstal aplikasi atau game atau menyimpan video dalam jumlah besar. Jika memori penyimpanan hampir kosong, maka proses kerja laptop tidak maksimal.

 

Metodenya sangat sederhana. Cukup cari Tambah / Hapus Program di menu Mulai. Setelah itu, kamu akan melihat daftar program yang terinstal di laptop kamu. kamu dapat mengurutkan program yang belum pernah kamu buka untuk dihapus.

Batasi program yang muncul saat Startup

Cukup hidupkan laptop dari off ke on dan laptop akan memproses program yang kamu pilih untuk dijalankan selama proses booting ini. Semakin banyak program yang kamu pilih, semakin buruk kinerja laptop kamu.

 

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan Pengelola Tugas untuk menonaktifkan beberapa program. kamu dapat membuka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + E. Kemudian pilih tab Startup, pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, dan klik Disable.

Coba aktifkan Hibernate Mode

Jika kamu belum pernah mendengar tentang mode hibernasi, kamu perlu mengetahui fitur yang satu ini.

 

Fitur yang satu ini diiklankan sebagai kombinasi dari shutdown dan sleep. Oleh karena itu, mengaktifkan fitur ini akan mematikan komputer kamu.

 

Setelah kamu menghidupkan laptop kamu, semua aktivitas yang saat ini terbuka dan berjalan tidak secara otomatis ditutup seperti saat dimatikan. Sebaliknya, ia kembali ke keadaan semula.

 

Hibernate adalah pilihan untuk menghemat lebih banyak daya dan membuat laptop kamu lebih responsif. Ini adalah bagaimana kamu mengaktifkannya:

 

  1. kamu dapat menekan tombol Windows + i untuk memilih menu Sistem.
  2. Buka opsi menu Daya dan Tidur dan pilih Pengaturan Daya Tambahan dan Opsi Daya.
  3. Kemudian periksa sisi kiri layar, pilih fungsi tombol daya, dan klik Ubah Pengaturan Tidak Saat Ini Tersedia.
  4. Ada banyak pilihan, ketika laptop kamu bertenaga baterai atau mengisi daya, kamu dapat menyesuaikannya dengan keinginan kamu.
  5. kamu juga dapat menambahkan opsi Hibernate yang muncul pada menu Power dan klik Save Changes.

Update OS secara berkala

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa melakukan update Windows 10 secara berkala untuk meningkatkan performa dan performa laptop kamu secara keseluruhan.

 

Cara ini sangat mudah, cukup ketik “Check for Updates” di menu Start. Jika kamu memiliki pembaruan terbaru, laptop kamu akan secara otomatis memperbarui sistem kamu ketika kamu terhubung ke jaringan internet kamu.

 

Plus, Windows biasanya diperbarui secara berkala, jadi jangan lewatkan pembaruan.

Semoga informasi dari NiassaReserve.org dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

You might also like